BOLEHKAH  aku jadi sahabatmu ? Persahabatan adalah jalinan pertemanan yang akrab anatara kita dan orang lain. Kalau ada pershabatan , pastilah ada kepedulian anatara kita, kepedulian satu dengan yang lainnya. Di dalam persahabatan , kata kebersamaan pasti menjadi pengikatnya. Kalau kita sudah saling membohongi , egois dan mementingkan diri senidri , itu tandanya kita tidak bersahabat lagi.

Bisa jadi, kita saling mengenal tetapi bukan sahabat lagi. Kalaulah begitu, salah satu sifat pemimpin adalah sekaligus menjadi sahabat bagi anak buahnya,bukan orang lain yang jjauh dari stafnya dan gila hormat ,elites, da cenderung sombong dan birokratis,serta sok pintar.

            Pemimpin itu adalah sahabat yang artinya , teionganya dia sediakan mendengar, hatinya selalu  terbuka dan mau memahami keadaan ,serta tangannya yang mau menolong. Itu artinya,kalau mau jadi pemimpin yang baik maka haruslah mau menjadi sahabat yang baik, sehingga apa yang dia dengar dari telinganya, bisa masuk dihatinya, lalu mau menggerakkan tangannya untuk membantu orang lain denagn segala ketulusan dan ikhlas.

Apakah kamu emimpn atau anka buah yang sekaligus bisa dikatakan sahabat? Bisa iya, bisa tidak kan? Pasalnya, banyak yang suka jadi sahabat hanya karna ad maunya,ad akepentingannya, ada juga karena  curiganya terlalu tiinggi.ada pula sekedar berteman karena merasa sering di tipu maka ogah lagi bersahabat , membuat persahabatannya tidak tulus.

Seperti apakah sahabat atau teman yang kamu inginkan? Sahabat bagaiakan harimau? Sahabat bagaikan kelinci? Yang pasti, kita tentulah menginginkan sahabat yang tulus dan bijak , danmau mengingatkan jika kita salah arah.

 

(Plopo , 3 Juli 2014)