Makassar, sulselprov.go.id - Dinas Kominfo-SP Provinsi Sulsel menargetkan bahwa indeks kematangan dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2024 untuk 24 kabupaten / kota di Sulsel berpredikat Baik.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Diskominfo SP Sulsel Sultan Rakib saat menjadi narasumber dalam acara evaluasi penerapan SPBE Pemkot Makassar,  Selasa (7/5/2024) di Balaikota Makassar.

“Saat ini tingkat kematangan SPBE Provinsi sudah masuk presikat baik. makassar juga sudah berpredikat baik. Memang ada IPPD (instansi pusat dan pemerintah daerah) kabupaten yang masih berstatus cukup, bahkan ada yang kurang,” ujar Sultan Rakib.

Berdasarkan hasil evaluasi penerapan SPBE tahun 2023 lalu, total 24 kabupaten kota di sulsel sebanyak 15 berpredikat Baik, 8 kabupaten yang berpredikat cukup san satu kabupaten yang berpredikat kurang.

Provinsi Sulsel, lanjut Sultan, sebagai perwakilan Pemerintah Pusat untuk kabupaten kota di Sulsel memiliki tugas dan tanggung jawab untuk meningkatkan penerapan SPBE tersebut.

“Kita berharap yang kurang itu bisa terdongkrak menjadi cukup, cukup bisa naik menjadi Baik dan yang baik terus membaik. Target kita sih, semua IPPD kabuapten di Sulsel wajib berpredikat baik untuk penerapan SPBE tahun 2024 ini, sehingga, IPPD provinsi bisa maksimal juga. ini tanggung jawab IPPD provinsi semoga kita biaa realisasikan,” ujar Sultan.

Caranya, lanjut Sultan, semua indikator penilaian sebanyak 47, sudah harus dipersiapkan oleh masing masing IPPD. Jalur koordinasi SPBE, infrastruktur, kelembagaan dan lain sebagainya wajib disiapkan pembuktian saat Kemenpan RB melakukan evaluasi faktual.

Selain itu, Sultan juga meminta kepada Pemkot Makassar dalam hal ini diskkominfo Makassar untuk menjaga tata kelola SPBE dan merampungkan sistem arsitektur kota daerng tersebut. (*)